Siapa yang saya pilih ? Kenapa Saya Memilih ?

Siapa yang Saya Pilih ? Kenapa Saya Memilih ?

Untuk pemilu sekarang Indonesia diwakili oleh dua pasangan yang telah diumumkan secara resmi oleh KPU yakni Prabowo Subianto-Hatta Rajasa dan Joko Widodo-Jusuf Kalla.
Kenapa saya mesti menulis hal ini padahal bisa saja saya memilih tanpa perlu memberitahukan siapa yang saya pilih dan kenapa saya memilih.
Alasannya mudah saja, karena saya memilih untuk ikut bertanggung jawab dan turun tangan atas masalah negeri ini.
Ketika saya menyampaikan kepada publik siapa pilihan saya, maka saat itu saya bertanggung jawab atas pilihan saya.
Tentu saja saya tidak akan menganggap bahwa pilihan saya akan selalu melakukan sesuatu yang benar, maka ketika hal ituterjadi saya pun akan ikut menjadi orang yang mengkritik kebijakannya.
Bukan berarti saat kita mendukung seorang capres lantas kita menganggap semua kebijakan yang ia ambil setelah terpilih adalah benar hanya karena kita ikut memilih beliau kemudian merasa kita adalah bagian dari beliau.
Tapi bukan juga kritik itu dianggap kita menyesali pilihan kita melainkan sebagai langkah tanggung jawab yang kita mesti ambil, langkah mengingatkan atas program – program yang seharusnya mengedepanka kepentingan rakyat.

Kembali ke topik, lantas siapa yang saya pilih ?

Sejak KPU mengumumkan secara resmi dua pasangan tersebut, maka saya mencari tahu track record masing-masing dari mereka.
Saya bukan orang yang memilih karena saya tidak suka ataupun benci terhadap pasangan lainnya, bukan begitu cara memilih yang cerdas.
Buat saya, saya mesti tahu dulu apa yang sudah pernah dilakukan oleh masing-masing calon ini untuk rakyat.
Dengan mencari tahu track record nya tentu saja kita akan mengetahui siapa yang sudah bekerja buat rakyat dan siapa yang hanya memberikan janji-janji padahal dia sendiri belum berbuat apa-apa bagi rakyat.
Kenapa mesti begitu ? Karena menurut saya orang yang ingin berbuat bagi rakyat sebenarnya tidak perlu menjadi presiden, orang yang ingin berbuat bagi rakyat pasti akan bekerja bagi rakyat dengan apapun posisinya di masa lalu, sekarang dan yang akan datang.
Ada banyak contoh yang bisa kita lihat, Ahmad Dahlan salah satu-nya, beliau tidak perlu menjadi presiden tapi pengabdiannya di dunia pendidikan menjadikan kita mengerti bahwa beliau peduli pada rakyat lewat cara yang beliau bisa lakukan.
Begitupun calon presiden kita sekarang, seharusnya jika mereka mengatakan mereka akan peduli pada rakyat paling tidak ada hal yang memang sudah dia lakukan dari jauh-jauh hari yang menunjukkan bahwa ia peduli pada rakyat sehingga bilamana ia tidak terpilih pun tidak akan mengurangi motivasi untuk tetap berbuat bagi rakyat lewat posisi yang dipegangnya.

Saya coba jelaskan lewat bahasa yang mudah bagaimana saya mengenal masing-masing calon (*menurut saya).

prabowo-hatta

1. Prabowo Subianto

Tentu saja beliau ini dilahirkan dari keluarga kaya dari pasangan beda agama (*sumber wikipedia).
Beliau saya kenal sebagai menantu Soeharto meskipun sekarang bercerai, Mantan Pangab, Dan yang membuat saya begitu mengenal beliau tentu saja atas pemecatannya yang diduga terlibat beberapa kasus penculikan 98.
Setelah beliau dipecat praktis saya tidak mendengar namanya lagi setelah kemudian dia kembali dan mencuat sebagai pendiri sekaligus ketua umum partai Gerindra yang mengantarkannya sebagai salah satu calon wakil presiden pada pemilu 2009 sebagai pasangan dari Megawati saat itu.
Beliau menjalankan beberapa bisnis di Indonesia, namun saya tidak menemukan bahwa beliau peduli kepada rakyat lewat posisinya di masa lalu dan posisiny sekarang.
Namun tentu saja beliau dikenal sebagai sosok yang tegas dan nasionalis, inilah salah satu kelebihannya.

2. Hatta Rajasa

Saya mengenal beliau sebagai spesialis menteri, Menteri Negara Riset dan Teknologi (2001-2004) Menteri Perhubungan (2004-2007) Menteri Sekretaris Negara (2007-2009) Menteri koordiantor Bidang perekonomian Indonesia (2009),
Menantu presiden SBY, dan…
Ahhh, saya tidak menemukan program-program yang telah dia lakukan untuk rakyat pada saat menjadi menteri.
Mungkin beliau terlalu bermain di comfort zone sehingga karyanya tidak dikenal masyarakat.

jokowi-jk

3. Joko Widodo

Saya mengenal beliau ketika masih menjabat walikota Solo, Hanya seorang sarjana perhutanan, Dan dilahirkan dari pasangan rakyat biasa.
Setidaknya beliau direpresentasikan sebagai sosok yang sederhana dan dekat dengan rakyat.
Karyanya lebih banyak dibidang kepemimpinan sipil yang beliau pegang dari semenjak menjadi walikota solo 2 periode diteruskan dengan gubernur DKI Jakarta.

4. Jusuf Kalla

Saya lebih mengenal beliau daripada Presidennya sendiri ketika menjalankan pemerintahan 2004-2009. itu karena beliau terlalu banyak bekerja melebihi si Presiden sendiri.
Beliau dikenal dengan breakthrogh-nya, yang paling fenomenal adalah program konversi minyak tanah ke gas secara nasional.
Beliau juga saya kenal sebagai orang yang peduli dari manapun posisinya.
Setelah tidak menjabat beliau menjadi ketua PMI dan ketua umum Dewan Masjid Indonesia

Janji manis bisa menipu, namun apa yang sudah pernah dilakukan akan jadi bukti nyata bagaimana kinerja calon presiden dan calon wakil presiden kita . Kedua pasang calon kandidat pernah punya jabatan: ada yang sipil (jabatan publik), ada yang militer. Mereka adalah pribadi yang bisa dinilai secara rasional dari rekam jejak yang mereka miliki.

Sekali lagi bukan saya ingin men-justifikasi salah satu pasangan, saya coba melihat dari sudut pandang yang bisa saya lihat.
Silahkan memilih sesuai pilihan masing-masing.

Dan semoga siapapun yang terpilih nanti memang adalah yang terbaik bagi Indonesia empat tahun kedepan.

mazipan-signature

Be a good reader, leave your comment please.

