Cintai Sesuatunya dengan Sederhana

Sesuatu yang berlebihan pada akhirnya memang selalu tidak baik bahkan jika hal itu dilakukan dalam hal yang baik sekalipun.
Termasuk dalam hal mencintai sesuatu ataupun seseorang.
Cintailah sesuatu itu dengan biasa saja, dengan sederhana, tanpa melebihi dari batas yang seharusnya.
Mencintai dalam kesederhanaan akan mengajarkan kita bahwa sesuatu itu tidak pernah menjadi milik kita seutuhnya, ada waktunya bahwa sesuatu itu mesti hilang, pergi karena berbagai alasan.
Dengan kesederhanaan maka kita tidak akan begitu marah, sedih ataupun menyesali ketika sesuatu itu benar-benar hilang.
Sebaliknya ketika kita berlebihan dalam mencintai sesuatu maka kita akan merasa begitu sedih, benci dan marah ketika sesuatu itu hilang.

Pada hakikatnya tak ada satupun yang abadi selain Sang Pencipta (Allah), maka bisa dipastikan bahwa kepergian sesuatu hal dari sisi kita adalah sebuah keniscayaan yang pasti terjadi dan hanya tinggal menunggu kapan waktunya.

Kesederhanaan mengajarkan kesabaran menerima apa yang dimiliki, mensyukuri apa yang dipunyai, menjaga apa yang masih dipercayakan pada diri kita sebelum nantinya akan diambil kembali oleh Dzat yang mempunyai segalanya.

Harta, tahta, dan wanita adalah hal yang sering kali kita berlebihan dalam mencintainya, sehingga tidak jarang pula rasa yang kelewat berlebihan ketika kehilangan hal tersebut, namun dengan belajar mencintai dengan sederhana maka diharapkan kita juga tengah belajar untuk menerima segala kehilangan dengan rasa yang lebih ikhlas.

Pada akhirnya kesalahan dan khilaf adalah sifat dasar manusia, namun belajar adalah proses yang diharapkan bisa meminimalisir sifat tersebut terus menerus dilakukan. Maka dari itu tidak pernah ada kata terlambat untuk belajar berubah ke arah yang lebih baik.

Tetap semangat dan optimis.

pernah dipublikasikan juga di : cek disini

mazipan-signature

mazipan-signature

2 thoughts on “Cintai Sesuatunya dengan Sederhana

Be a good reader, leave your comment please.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s