Ketika Islam Saling Menyalahkan

Dan ketika Islam (agama yang saya yakini) saling menyalahkan satu sama lain saudara sesama muslim (sebutan bagi pemeluk agama Islam), maka saat itu adalah tanda-tanda bagi bahwa kami telah melupakan apa yang seharusnya kami pegang, kami telah melupakan siapa saudara dan siapa kawan.
Muhammad (Nabi-nya orang Islam) telah berpesan sekitar 1400an tahun yang lalu bahwa selamatlah kalian jika berpegang teguh pada Al-Quran dan Sunah-ku.

Lalu mengapa mereka jutru melupakan esensi dari beragama itu sendiri dan fanatik terhadap keyakinan yang terlalu mereka yakini kebenarannya dan menyalahkan mereka yang tidak sejalan dengan ajaran yang dia pelajari bahkan bila itu berarti adalah menyalahkan saudara sesama muslim.
“Ajaran sesat dan menyesatkan”, rasanya kata itu terlalu sering dijadikan lasan sekelompok muslim untuk menghakimi dan menyalahkan ajaran muslim lainnya yang jelas-jelas memiliki tauhid yang sama.
“Jihad dan Amar Ma’ruf Nahi Munkar”, alasan yang terkadang klise untuk menyalahkan seseorang yang beribadah namun malah membiarkan kemungkaran di sekelilingnya terus terjadi.
Lantas kemanakah ajaran tentang kasih sayang, ajaran kerukunan ?
Bukankah Muhammad SAW mengajarkan bahwa terhadap semut sekalipun kita mesti menjaganya dan tidak menyakiti hak untuk hidupnya.
Ketika seseorang merasa bahwa hanya dia dan ajarannya yang paling benar, bukannya justru telah dengan angkuh merebut hak Allah untuk sombong dan paling benar, kebenaran yang hakiki hanya Allah yang punya dan tahu.
kita sebagai makhluk tidak layak berucap bahwa saya paling benar dan anda salah.
Jikapun kita disuruh untuk menyampaikan risalah kebenaran maka hanya sebatas itu, Allah tidak pernah mengijinkan kita untuk sakit hati apalagi sampai menggunakan kekerasan terhadap mereka yang tidak mau mengikuti risalah yang kita sampaikan padanya, hanya Allah yang pantas menghukum hambanya.
Dan marilah kita sesama muslim kembali pada Al-Quran, kitab suci yang tak pernah mengajarkan kekerasan, kitab suci yang mengajarkan kita untuk berkasih sayang terhadap sesama muslim, terhadap mereka yang beda agama dan bahkan terhadap semua makhluk ciptaan Allah.

Posted by Mazipan from WordPress for Android

Be a good reader, leave your comment please.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s