Mengenai Perbedaan

Saya seorang muslim, namun bukan seorang muslim yang membenci keyakinan orang lain.
Saya dilahirkan dalam keluarga muslim dan berada dalam lingkungan muslim sejak saya masih kecil, tapi tidak menjadikan saya mesti ikut berpikir sempit dan menyatakan bahwa saya yang paling benar.

Saya yakin dan sangat yakin dengan keyakinan yang saya peluk, tapi saya juga tau bahwa mereka (yang berkeyakinan lain) pun yakin dengan keyakinan mereka.

Saya yakin islam adalah yang paling benar, tapi tidak menurut mereka (orang-orang diluar islam).

Islam benar menurut orang islam, nasrani benar menurut orang nasrani, hindu dan budha juga benar menurut orang hindu dan budha bahkan yahudi pun benar menurut orang yahudi sendiri.

Lantas untuk apa kita saling mempertentangkan sesuatu yang sama-sama kita yakini kebenarannya?

Memang sulit untuk meyakinkan mereka yang fanatik sempit dengan keyakinannya, tapi saya tidak sedang berada dalam posisi yang berusaha meyakinkan mereka.

Islam mengajarkan saya untuk percaya bahwa Perbedaan itu Sunnatullah (baca=hukum alam), maka sesungguhnya Allah (Tuhan orang Islam) tidak menciptakan sesuatu dengan sia-sia.
Allah menciptakan kita berbeda-beda adalah untuk saling menghormati bukan untuk saling tuduh, saling bertentangan, atau saling bermusuhan.

*nb : saya hanya ingin sedikit berbagi pemikiran, bagi yang tidak sejalan silahkan tinggalkan komentar dengan cara yang santun.

Posted by Mazipan from WordPress for Android

4 thoughts on “Mengenai Perbedaan

Be a good reader, leave your comment please.

