Berikut saya ingin berbagi ilmu yang saya dapatkan dari Mohamad Iqbal @ http://ciebal.web.id
Coding ini menggunakan aplikasi java netbeansIDE.
Saya sengaja tidak melakukan pengubahan pada codingnya untuk menghargai pembuat codingnya.
Saya harap anda juga demikian.
Silahkan dipelajari dan berbagi pada teman anda tapi jangan menghilangkan nama pembuat codingnya.
mazipanneh
pertama buat packcage baru dengan nama calc
lalu buat class baru seperti berikut :
1. akar.java
package calc;
import javax.swing.*;
public class akar{
public void proses(){int x = 0;
String bil=””;
bil = JOptionPane.showInputDialog(null, “Masukan Angka!”,”Akar”, 1);
x = Integer.parseInt(bil);double hasil = Math.sqrt(x); // Math.sqrt(x) adalah kelas math untuk menghitung akar dari sebuah bilangan
System.out.println(“=> Hasil : Akar dari “+x+” adalah “+hasil);
}
}
import javax.swing.*;
public class akar{
public void proses(){int x = 0;
String bil=””;
bil = JOptionPane.showInputDialog(null, “Masukan Angka!”,”Akar”, 1);
x = Integer.parseInt(bil);double hasil = Math.sqrt(x); // Math.sqrt(x) adalah kelas math untuk menghitung akar dari sebuah bilangan
System.out.println(“=> Hasil : Akar dari “+x+” adalah “+hasil);
}
}
2. bagi.java
package calc;
import javax.swing.*;
public class bagi{
public void proses(){
double hasil;
System.out.println(“Pembagian”);
double bilangan1=Double.valueOf(JOptionPane.showInputDialog(null, “Masukan Bilangan ke-1″,”Pembagian”, 1));
double bilangan2=Double.valueOf(JOptionPane.showInputDialog(null, “Masukan Bilangan ke-2″,”Pembagian”, 1));
hasil =bilangan1/bilangan2;
System.out.println(“=> Hasil : “+bilangan1+” / “+bilangan2+” = “+hasil);
}
}
import javax.swing.*;
public class bagi{
public void proses(){
double hasil;
System.out.println(“Pembagian”);
double bilangan1=Double.valueOf(JOptionPane.showInputDialog(null, “Masukan Bilangan ke-1″,”Pembagian”, 1));
double bilangan2=Double.valueOf(JOptionPane.showInputDialog(null, “Masukan Bilangan ke-2″,”Pembagian”, 1));
hasil =bilangan1/bilangan2;
System.out.println(“=> Hasil : “+bilangan1+” / “+bilangan2+” = “+hasil);
}
}
3. kali.java
package calc;
import javax.swing.*;
public class kali{
public void proses(){
double hasil;
System.out.println(“Perkalian”);
int bilangan1=Integer.valueOf(JOptionPane.showInputDialog(null, “Masukan Bilangan ke-1″,”Perkalian”, 1));
int bilangan2=Integer.valueOf(JOptionPane.showInputDialog(null, “Masukan Bilangan ke-2″,”Perkalian”, 1));
hasil =bilangan1*bilangan2;
System.out.println(“=> Hasil : “+bilangan1+” x “+bilangan2+” = “+hasil);
}
}
import javax.swing.*;
public class kali{
public void proses(){
double hasil;
System.out.println(“Perkalian”);
int bilangan1=Integer.valueOf(JOptionPane.showInputDialog(null, “Masukan Bilangan ke-1″,”Perkalian”, 1));
int bilangan2=Integer.valueOf(JOptionPane.showInputDialog(null, “Masukan Bilangan ke-2″,”Perkalian”, 1));
hasil =bilangan1*bilangan2;
System.out.println(“=> Hasil : “+bilangan1+” x “+bilangan2+” = “+hasil);
}
}
4. kurang.java
package calc;
import javax.swing.*;
public class kurang{
public void proses(){
double hasil;
System.out.println(“Pengurangan”);
int bilangan1=Integer.valueOf(JOptionPane.showInputDialog(null, “Masukan Bilangan ke-1″,”Pengurangan”, 1));
int bilangan2=Integer.valueOf(JOptionPane.showInputDialog(null, “Masukan Bilangan ke-2″,”Pengurangan”, 1));
hasil =bilangan1-bilangan2;
System.out.println(“=> Hasil : “+bilangan1+” – “+bilangan2+” = “+hasil);
}
}
import javax.swing.*;
public class kurang{
public void proses(){
double hasil;
System.out.println(“Pengurangan”);
int bilangan1=Integer.valueOf(JOptionPane.showInputDialog(null, “Masukan Bilangan ke-1″,”Pengurangan”, 1));
int bilangan2=Integer.valueOf(JOptionPane.showInputDialog(null, “Masukan Bilangan ke-2″,”Pengurangan”, 1));
hasil =bilangan1-bilangan2;
System.out.println(“=> Hasil : “+bilangan1+” – “+bilangan2+” = “+hasil);
}
}
5. log.java
package calc;
import javax.swing.*;
public class log{
public void proses(){double x = 0;
String bil = “”;
bil = JOptionPane.showInputDialog(null, “Masukan Angka!”,”Log”, 1);
x = Integer.parseInt(bil);double hasil =Math.log(x); // Untuk menghitung logaritma natural Loge
System.out.println(“=> Hasil : Log “+bil+” adalah “+hasil);
}
}
import javax.swing.*;
public class log{
public void proses(){double x = 0;
String bil = “”;
bil = JOptionPane.showInputDialog(null, “Masukan Angka!”,”Log”, 1);
x = Integer.parseInt(bil);double hasil =Math.log(x); // Untuk menghitung logaritma natural Loge
System.out.println(“=> Hasil : Log “+bil+” adalah “+hasil);
}
}
6. pangkat.java
package calc;
import javax.swing.*;
public class pangkat{
public void proses(){double x = 0;
double y = 0;
String bil = “”;
String pkt = “”;
bil = JOptionPane.showInputDialog(null, “Masukan Angka!”,”Perpangkatan”, 1);
x = Integer.parseInt(bil);
pkt = JOptionPane.showInputDialog(null, “Pangkat:”,”Perpangkatan”, 1);
y = Integer.parseInt(pkt);double hasil =Math.pow(x,y); // Math.pow(x,y) adalah kelas math untuk menghitung x pangkat y
System.out.println(“=> Hasil : “+bil+” pangkat “+pkt+” adalah “+hasil);
}
}
import javax.swing.*;
public class pangkat{
public void proses(){double x = 0;
double y = 0;
String bil = “”;
String pkt = “”;
bil = JOptionPane.showInputDialog(null, “Masukan Angka!”,”Perpangkatan”, 1);
x = Integer.parseInt(bil);
pkt = JOptionPane.showInputDialog(null, “Pangkat:”,”Perpangkatan”, 1);
y = Integer.parseInt(pkt);double hasil =Math.pow(x,y); // Math.pow(x,y) adalah kelas math untuk menghitung x pangkat y
System.out.println(“=> Hasil : “+bil+” pangkat “+pkt+” adalah “+hasil);
}
}
7. persen.java
package calc;
import javax.swing.*;
public class persen{
public void proses(){
double hasil;
System.out.println(“Persenan”);
double bilangan1=Double.valueOf(JOptionPane.showInputDialog(null, “Masukan Bilangan!”,”Persenan”, 1));
hasil=bilangan1/100;
System.out.println(“=> Hasil : “+bilangan1+” % = “+hasil);
}
}
import javax.swing.*;
public class persen{
public void proses(){
double hasil;
System.out.println(“Persenan”);
double bilangan1=Double.valueOf(JOptionPane.showInputDialog(null, “Masukan Bilangan!”,”Persenan”, 1));
hasil=bilangan1/100;
System.out.println(“=> Hasil : “+bilangan1+” % = “+hasil);
}
}
8. tambah.java
package calc;
import javax.swing.*;
public class tambah{
public void proses(){
double hasil;
System.out.println(“Penambahan”);
double bilangan1=Double.valueOf(JOptionPane.showInputDialog(null, “Masukan Bilangan ke-1″,”Penambahan”, 1));
double bilangan2=Double.valueOf(JOptionPane.showInputDialog(null, “Masukan Bilangan ke-2″,”Penambahan”, 1));
hasil =bilangan1+bilangan2;
System.out.println(“=> Hasil : “+bilangan1+” + “+bilangan2+” = “+hasil);
}
}
import javax.swing.*;
public class tambah{
public void proses(){
double hasil;
System.out.println(“Penambahan”);
double bilangan1=Double.valueOf(JOptionPane.showInputDialog(null, “Masukan Bilangan ke-1″,”Penambahan”, 1));
double bilangan2=Double.valueOf(JOptionPane.showInputDialog(null, “Masukan Bilangan ke-2″,”Penambahan”, 1));
hasil =bilangan1+bilangan2;
System.out.println(“=> Hasil : “+bilangan1+” + “+bilangan2+” = “+hasil);
}
}
9. trigonometri.java
package calc;
import javax.swing.*;
public class trigonometri {
public void proses(){String pilihan = “”;
int pil = 0;
pilihan = JOptionPane.showInputDialog(null, “Pilihan: sin(1) cos(2) tan(3)”,”Trigonometri”,1);
pil = Integer.parseInt(pilihan);
switch (pil){
case 1:
int x = 0;
String sin=””;
System.out.println(“Trigonometri”);
sin = JOptionPane.showInputDialog(null,”Masukan bilangan X (Sin(x))”,”Trigonometri: Sin”,1);
x = Integer.parseInt(sin);
double hasilSin = Math.sin(x); // Math.sin(x) adalah kelas math untuk Rumus Sin Trigonometri
String pesanSin = “=> Hasil : Sin ” +x+ ” Adalah ” +hasilSin;
System.out.println(pesanSin);
break;
case 2:
int y = 0;
String cos=””;
System.out.println(“Trigonometri”);
cos = JOptionPane.showInputDialog(null,”Masukan bilangan X (cos(x))”,”Trigonometri: Cos”,1);
y = Integer.parseInt(cos);
double hasilCos = Math.cos(y); // Math.cos(y) adalah kelas math untuk Rumus Cos Trigonometri
String pesanCos = “=> Hasil : Cos ” +y+ ” Adalah ” +hasilCos;
System.out.println(pesanCos);
break;
case 3:
int z = 0;
String tan=””;
System.out.println(“Trigonometri”);
tan = JOptionPane.showInputDialog(null,”Masukan bilangan X (tan(x))”,”Trigonometri: Tan”,1);
z = Integer.parseInt(tan);
double hasilTan = Math.tan(z); // Math.tan(z) adalah kelas math untuk Rumus Tan Trigonometri
String pesanTan = “=> Hasil : Tan ” +z+ ” Adalah ” +hasilTan;
System.out.println(pesanTan);
break;default:
JOptionPane.showMessageDialog(null, “Yang anda masukan salah, silahkan coba lagi”,”Error!”, 1); // Jika pilihan salah menampilkan pesan error!
break;
import javax.swing.*;
public class trigonometri {
public void proses(){String pilihan = “”;
int pil = 0;
pilihan = JOptionPane.showInputDialog(null, “Pilihan: sin(1) cos(2) tan(3)”,”Trigonometri”,1);
pil = Integer.parseInt(pilihan);
switch (pil){
case 1:
int x = 0;
String sin=””;
System.out.println(“Trigonometri”);
sin = JOptionPane.showInputDialog(null,”Masukan bilangan X (Sin(x))”,”Trigonometri: Sin”,1);
x = Integer.parseInt(sin);
double hasilSin = Math.sin(x); // Math.sin(x) adalah kelas math untuk Rumus Sin Trigonometri
String pesanSin = “=> Hasil : Sin ” +x+ ” Adalah ” +hasilSin;
System.out.println(pesanSin);
break;
case 2:
int y = 0;
String cos=””;
System.out.println(“Trigonometri”);
cos = JOptionPane.showInputDialog(null,”Masukan bilangan X (cos(x))”,”Trigonometri: Cos”,1);
y = Integer.parseInt(cos);
double hasilCos = Math.cos(y); // Math.cos(y) adalah kelas math untuk Rumus Cos Trigonometri
String pesanCos = “=> Hasil : Cos ” +y+ ” Adalah ” +hasilCos;
System.out.println(pesanCos);
break;
case 3:
int z = 0;
String tan=””;
System.out.println(“Trigonometri”);
tan = JOptionPane.showInputDialog(null,”Masukan bilangan X (tan(x))”,”Trigonometri: Tan”,1);
z = Integer.parseInt(tan);
double hasilTan = Math.tan(z); // Math.tan(z) adalah kelas math untuk Rumus Tan Trigonometri
String pesanTan = “=> Hasil : Tan ” +z+ ” Adalah ” +hasilTan;
System.out.println(pesanTan);
break;default:
JOptionPane.showMessageDialog(null, “Yang anda masukan salah, silahkan coba lagi”,”Error!”, 1); // Jika pilihan salah menampilkan pesan error!
break;
}
}
}
10. MenuUtama.java
/* Program Kalkulator Sederhana
* Coder : Mohamad Iqbal
* Blog : http://ciebal.web.id
*/
package calc;
import calc.*;
import javax.swing.*;
public class MenuUtama{
public static void main(String[] args){
boolean ulang=true;
do{
System.out.println(“\n=======================”);
System.out.println(“Menu Utama Kalkulator”);
System.out.println(“=======================”);
System.out.println(“1. Penambahan”);
System.out.println(“2. Pengurangan”);
System.out.println(“3. Perkalian”);
System.out.println(“4. Pembagian”);
System.out.println(“5. Persen”);
System.out.println(“6. Akar”);
System.out.println(“7. perpangkatan”);
System.out.println(“8. Trigonometri”);
System.out.println(“9. Log”);
System.out.println(“0. Keluar”);
System.out.println(“=======================”);
int pilih=Integer.valueOf(JOptionPane.showInputDialog(null, “Masukan pilihan (masukan 0 untuk keluar)”,”Welcome to Ciebal Calculator”,1));
if(pilih==1){
tambah panggil=new tambah();
panggil.proses();
}
else
if(pilih==2){
kurang panggil=new kurang();
panggil.proses();
}
else
if(pilih==3){
kali panggil=new kali();
panggil.proses();
}
else
if(pilih==4){
bagi panggil=new bagi();
panggil.proses();
}
else
if(pilih==5){
persen panggil=new persen();
panggil.proses();
}
else
if(pilih==6){
akar panggil=new akar();
panggil.proses();
}
else
if(pilih==7){
pangkat panggil=new pangkat();
panggil.proses();
}
else
if(pilih==8){
trigonometri panggil=new trigonometri();
panggil.proses();
}
else
if(pilih==9){
log panggil=new log();
panggil.proses();
}
if(pilih==0){
JOptionPane.showMessageDialog(null, “Sampai Jumpa..\n^_^”,”Terimakasih”, 1);
System.out.println(“Keluar dari program”);
ulang=false;
}
}while(ulang);
}
}
* Coder : Mohamad Iqbal
* Blog : http://ciebal.web.id
*/
package calc;
import calc.*;
import javax.swing.*;
public class MenuUtama{
public static void main(String[] args){
boolean ulang=true;
do{
System.out.println(“\n=======================”);
System.out.println(“Menu Utama Kalkulator”);
System.out.println(“=======================”);
System.out.println(“1. Penambahan”);
System.out.println(“2. Pengurangan”);
System.out.println(“3. Perkalian”);
System.out.println(“4. Pembagian”);
System.out.println(“5. Persen”);
System.out.println(“6. Akar”);
System.out.println(“7. perpangkatan”);
System.out.println(“8. Trigonometri”);
System.out.println(“9. Log”);
System.out.println(“0. Keluar”);
System.out.println(“=======================”);
int pilih=Integer.valueOf(JOptionPane.showInputDialog(null, “Masukan pilihan (masukan 0 untuk keluar)”,”Welcome to Ciebal Calculator”,1));
if(pilih==1){
tambah panggil=new tambah();
panggil.proses();
}
else
if(pilih==2){
kurang panggil=new kurang();
panggil.proses();
}
else
if(pilih==3){
kali panggil=new kali();
panggil.proses();
}
else
if(pilih==4){
bagi panggil=new bagi();
panggil.proses();
}
else
if(pilih==5){
persen panggil=new persen();
panggil.proses();
}
else
if(pilih==6){
akar panggil=new akar();
panggil.proses();
}
else
if(pilih==7){
pangkat panggil=new pangkat();
panggil.proses();
}
else
if(pilih==8){
trigonometri panggil=new trigonometri();
panggil.proses();
}
else
if(pilih==9){
log panggil=new log();
panggil.proses();
}
if(pilih==0){
JOptionPane.showMessageDialog(null, “Sampai Jumpa..\n^_^”,”Terimakasih”, 1);
System.out.println(“Keluar dari program”);
ulang=false;
}
}while(ulang);
}
}
simpan nya dalam bentk apa?
LikeLike
mungkin lebih bagus lagi klo ada tampilannya , jd kita bisa liat jadinya 🙂
LikeLike
maksih banyak gan , nge bantu banget buat ane gan , eheheh
LikeLike
bisa dikembangin lagi om.
tergantung kreatifitas.
LikeLike
minta sintax sin cos tan boss
LikeLike
Makasih banyak bos…, dah ane coba
LikeLike
sama2, lumayan buat belajar om
LikeLike
maaf s’blumnya coding sangat membantu sekali bagi sya,..tpi akan lbih mnariknya lgi klau da tampilan disainnya.mksih
LikeLike
yaps om,,,
terima kasih kunjungannya…
silahkan mencobanya sendiri yah om…
semoga bermanfaat
LikeLike